Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Dengan Android Studio

Cara membuat aplikasi ojek online dengan Android Studio cukup populer di era sekarang ini. Apakah kalian memiliki ide atau pemikiran serupa ? jika iya maka kalian tidak salah jika mampir dalam postingan ini.

Di kesempatan kali ini kami tim penulis dari blog ini akan mencoba membuat sebuah postingan mengenai membuat aplikasi ojek online dengan Android Studio. Cukup menarik bukan ?


Kenapa ini cukup penting untuk kalian simak ? di luar sana ada banyak sekali tutorial yang telah membagikan dengan cuma - cuma dan kalian tinggal menikmatinya. Namun, tidak semua yang kalian temukan di luar bisa kalian cerna dengan baik atau bahkan kalian merasa jenuh saat membaca tutorialnya.

Okey kawan ! tutorial yang akan kami kupas atau kami sajikan di ulasan ini akan kami buat semudah mungkin sehingga kalian bisa dengan mudah untuk mencernanya dan mudah menuangkan ide ini di Android kalian.

Kelebihan membuat aplikasi ojek online dengan Android studio

1. Bisa membuat aplikasi dengan mudah
2. Bisa membuat aplikasi tanpa membutuhkan waktu banyak
3. Tidak repot - repot melakukan pengkodingan
4. Bisa dengan mudah untuk melakukan penyetingan
5. Bisa dengan mudah untuk menghafal pembuatan aplikasi


Apa saja sih yang kalian butuhkan untuk bisa membuat aplikasi ojek online ini ? Kalian tidak perlu repot atau susah - susah payah untuk mempersiapkan peralatan yang banyak. Karena kami rasa ini sangat mudah dan simple ! yuk kita simak bareng - bareng di bawah ini:

Di bawah ini adalah beberapa peralatan yang perlu kalian sediakan untuk pembuatan aplikasi ojek online tersebut :

1. Web Administrator
2. Aplikasi Android untuk Driver
3. Aplikasi Android untuk User
4. Domain
5. Hosting
6. Akun developer di Play store

Di sini kami tidak perlu menjelaskan panjang lebar yah mengenai peralatan di atas ? karena kami rasa kalian sudah cukup paham apa yang kami maksut peralatan di atas.

Okey ! setelah peralatan atau bahan sudah terkumpul semua, maka kini saatnya kita melakukan tes pembuatanya. Untuk kalian yang masih pemula atau baru maka kalian bisa melakukanya dengan pelan - pelan, dan sampai kalian benar - benar menguasainya. Kita simak ulasanya di bawah ini:

Cara membuat aplikasi ojek online dengan Android Studio

1. Klik start a new Android Studio project atau bisa melalui File > New Project

Langkah pertama untuk pembuatan ini kalian bisa mengikuti langkah di atas atau kalian bisa melihat gambar di bawah ini untuk memperjelas melakukanya.


2. Konfigurasi Project

Untuk melakukan konfigurasi project maka kalian bisa melakukanya seperti di bawah ini. Kalian harus mengisi dengan benar dan sesuai dengan perintah yang di inginkan oleh Android studio:

Nama
Keterangan
Aplication Name
Aplikasi yang akan di munculkan, di awali dengan huruf besar
Company Domain Nama Domain, Nantinya akan menjadi nama file APK
Package Name Nama File APK
Project Location Lokasi penyimpanan Projcet . Jangan gunakan folder yang memiliki spasi


3. Memilih target Device Android

Nah untuk kalian yang menginginkan aplikasi untuk bisa lebih berkembang lagi, maka kalian bisa pilih Phone dan Tablet di bagian atas dan untuk pilihan lainya tidak perlu di isi.

Dalam bagian ini kita perlu menentukan SDK minimal agar aplikasi kita bisa berjalan dengan normal. Misalnya kita memilih Lolipop maka biasanya versi Android di bawahnya tidak bisa berjalan dengan normal dan hanya bisa berjalan dengan Android yang memiliki SDK lolipop ke atas.

Kalian harus perhatikan baik - baik ketika kalian akan memilih SDK minimum, kemungkinan bisa jadi aplikasi yang kita buat tidak bisa berjalan dengan baik. Kalian bisa simal langsung seperti gambar di bawah ini:


Pada gambar di atas sudah terlihat jelas untuk penyetinganya dan untuk lebih jelasnya lagi. Kalian bisa melihat tabel sebaran perangkat API Android dari developer.android.com dan tabel di bawah ini adalah presentase pengguna Android di seluruh dunia.


4. Menambah Activity ( Add an Activity to Mobile )

Ketika kalian sudah sampai di panel ini maka kalian dalam proses pemilihan template Activity, di sini kita tidak perlu repot - repot melakukan pengkodingan. Dengan ini kalian tidak perlu melakukan pengkodingan dan berfungsi untuk mempermudah pengerjaanya.


5. Customize The Activity

Jika di lihat dari default, nama Activity kita adalah MainActivity dan untuk nama layout di sini adalah Activit_main. Dan untuk terakhir tidak perlu di rubah dan tinggal klik finish.


6. Sampai di sini sudah jadi. Berikut adalah tampilan editor java dan XML yang di buat tadi


Nah sampai di sini kita sudah bisa menjalankan aplikasi yang telah kita buat tadi, di bawah ini cara untuk menjalankan aplikasi tersebut.

1. Buka edit configuration


2. Buka bagian App. Dan kalian atur seperti berikut ini:


3. Klik run, untuk lebih cepat klik tombol segitiga hijau

Untuk memperjelas maka kalian bisa langsung melihat gambar di bawah ini, kalian bisa memprakterkanya di android kalian masing - masing.


4. Pilih Device yang sudah terhubung ke USB atau kalian bisa menggunakan Android virtual device. Lallu klik OK



5. Berikut ini adalah penampakan aplikasi yang sudah jadi tadi


Nah sampai di sini kalian sudah bisa membuat aplikasi ojek online dengan menggunakan Android studio. Cara di atas kami buat cukup simple dan sederhana, sehingga kami harap bisa mempermudah untuk proses pembuatan aplikasi ini untuk kalian .

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk pembuatan aplikasi Android ini, bisa dengan menggunakan pengkodingan langsung. Namun, jika kalian menggunakan pengkodingan langsung mungkin cukup ribet, karena kalian perlu menguasai bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Dengan bantuan Android studio di atas maka kalian bisa dengan mudah dan menghemat waktu untuk pembuatan aplikasi ini , dan kalian bisa dengan mudah dan cepat untuk proses pembelajaranya.

Perlu kalian ketahui pembuatan aplikasi ojek online dengan bantuan Android studio ini, di mana di sini kalian hanya cukup terbatas dalam kreasi kalian. Karena di sini kalian hanya bisa bermain sesuai dengan Android studio tersebut, hal ini berbeda jika menggunakan pengkodingan sendiri maka kalian bisa berkreasi sesuai dengan keinginan kalian sendiri.  Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Membuat Aplikasi Ojek Online Dengan Android Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel