Kekuatan Internet bagi kehidupan di dunia

Kekuatan Internet bagi kehidupan

selalusantai - Hallo sobat, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Kekuatan Internet bagi Kehidupan di dunia. Internet menjadi kekuatan yang sangat besar. Dengan jumlah pengguna yang luar biasa membuat Internet menjadi sarana yang efektif untuk kepentingan apa pun.

1. Bisnis dan Keuangan

Kekuatan Internet bagi kehidupan akan berpengaruh besar terhadap Bisnis dan Keuangan. Jika anda membuka toko, maka kita baru bisa mendapatkan pemasukan dan keuntungan jika toko tersebut buka dan ada penjaganya. Konsumennya pun terbatas hanya penduduk sekitar saja dengan tentunya radius yang berbeda-beda bergantung popularitas tokonya. Namun dengan adanya Internet, toko anda akan terbuka 24 jam sehari. Tidak perlu juga Anda jaga setiap hari. Bahkan konsumennya bisa dari luar negeri. Dengan adanya Internet sekat-sekat geografis dan waktu akan semakin hilang.

Kita tahu sering menemukan orang-orang yang menjual barang di Internet dan media sosial. Mereka mendapatkan keuntungan dengan modal kecil. Sewa tempat mereka hanya sewa web hosting yang hanya ratusan ribu pertahun. Biaya tenaga kerja pun sangat minim.

Anda mungkin tahu ebay. Perusahaan jual beli online ini sudah sangat terkenal dalam jual beli online. Orang yang ingin membeli barang baru ataupun bekas bisa menemukannya disini. Pada kuarter ke-2 tahun 2013 yang lalu, keungungannya mencapai 3,9 Milyar Dollar (47 Triliun Rupiah). Itulah makanya di Indonesia mulai bermunculan website-website denan business model yang mirip seperti tokobagus.com, berniaga.com, blibi.com dst. Dugaan saya, saat ini mereka belum mendapatkan keuntungan yang diharapkan karena budaya jual beli online terutama menggunakan kartu kredit dan paypal belum terlalu membudaya. Namun hal ini tinggal masalah waktu saja. Masa itu akan datang. Itulah makanya mereka bertahan. Masa ini dianggap sebagai masa promosi dan membangun awareness. Pada saat nanti, bisa saja keuntungan website-website ini menyaingi ebay.

Kita tentu kenal Google. Perusahaan super raksasa. Penghasilannya tahun 2012 lalu sebesar $50,175 Milyar Dolar (611 Triliun rupiah). Dan 9 bulan awal di tahun 2013 yang lalu, penghasilannya sudah mencapai 43 Milyar Dollar (524 Triliun Rupiah).  Sebesar 87% penghasilannya didapatkan dari iklan. Kekuatannya satu, Google.com adalah Search Engine yang paling banyak diakses di muka bumi. Google mencapai 88% market share dengan 3,2 Milyar pencarian dalam sehari!.

Dengan modal, asset, dan knowledge base yang dimilikinya saat ini, Google merambah ke produk-produk lain seperti Youtube, Blogspot, Google Maps, Android dan akhir-akhir ini Glass. Untuk apa pun yang dibuat Google, satu hal yang pasti, Google tahu persis apa yang diinginkan 88% pengguna Internet dunia. Itulah makanya revenue Google terus melejit. Dia tahu kebutuhan pasar. Knowledge is power!.

Ketika pemeeintah berhasil mengatur dengan tertib Internet, frekuensi dan yang terkait dengannya, maka negara pun bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Pada akhir tahun 2013, tercatat penerimaan Negara bukan Pajak (PNBP) Kemkominfo sebesar 13,59 Triliun yang merupakan penerimaan terbesar sepanjang sejarah.

2. Sosial

Kalau dulu Presiden Suharto berinteraksi dengan masyarakat menggunakan media televisi sebagai media favorit saat itu, maka beda dengan sekarang. Fenomena media sosial yang luar biasa ternyata berdampak dalam kehidupan sosial dan berbangsa dan juga bernegara. Beberapa tokoh Negara menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakatnya. Sebut saja presiden SBY, Ahmad Heryawan, dan Ridwan Kamil adalah sebagian tokoh negara yang memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakat. Selain live, biayanya pun sangat murah jika dibandingkan dengan televisi.

Gerakan sosial pun sekarang lebih terfasilitasi dengan adanya Internet. Sebut saja Avaaz.org dan Change.org adalah website petisi online untuk memberikan dukungan terhadap suatu gerakan atau penolakan terhadap sebuah kebijakan.

3. Entertainment

Anda tentu kenal Briptu Norman bukan? Seorang polisi yang mendadak tenar karena aksinya yang diunggah ke youtube. Videonya telah dilihat hampir 3,5 juta kali. Begitu juga Shinta-Jojo yang videonya telah dilihat lebih dari 8 juta kali. Keterkenalannya di youtube membuat Shinta dan Jojo dikontrak sebagai bintang sebuah produk sosis.

Bukan hanya mereka, ada juga Tegar yang berbagai videonya dilihat jutaan kali bahkan satu videonya yang paling terkenal dilihat 9,3 juta kali serta menjadi tokoh Indonesia paling banyak dicari versi Google Trends sepanjang tahun 2013. Dulu Tegar adalah seorang artis jalanan. Sekarang Tegar adalah artis "panggungan" yang sejajar dengan artis lainnya, manggung bersama, bernyanyi bersama, mencari nafkah dengan profesi yang sama.

Oke mungkin itulah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Terima Kasih.

0 Response to "Kekuatan Internet bagi kehidupan di dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel