Cara Menghadapi Abu Vulkanik

Abu Vulkanik

selalusantai - Hallo sobat, apa kabar sobat hari ini, semoga baik ya. Ok saya disini akan share tentang bagaimana cara menghadapi Abu Vulkanik. Abu Vulkanik terjadi karena gunung berapi yang aktif.

Abu vulkanik sendiri bisa menyebabkan kesehatan kita terganggu seperti kesehatan paru - paru atau bisa kornea mata. Yang rumahnya jauh dari kawasan gunung berapi pastinya akan terkena dampak abu vulkanik. Jika anda berada dalam area yang dilarang oleh BMKG maka kamu haruslah segera menjauhi tempat tersebut.

1. Kurangi beraktivitas di luar ruangan

Abu vulkanik sangat banyak bertebaran bila berada di luar ruangan. Jika kamu yang ingin beraktivitas di luar ruangan tetapi itu tidak penting seperti mengikuti ekskul, berbelanja selain kebutuhan pokok, dan yang lainnya itu sebaiknya tidak perlu dilakukan. Untuk sarannya adalah lakukanlah beraktivitas di luar ruangan dengan hal yang penting penting saja seperti bekerja, bersekolah, dan yang penting lainnya.

2. Tutup celah udara yang masuk

Jika kamu sedang berada didalam rumah pastikan menutup pintu dengan benar, jika tidak nanti abu vulkanik bisa masuk melalui celah pintu rumah. Dan juga tutup celah celah lain yang bisa dimasuki udara seperti cendela, fentilasi udara, atam yang berlubanf, dan lainnya.

3. Gunakan masker

Jika ingin keluar rumah maka ada baiknya kamu membeli masker terlebih dahulu atau jika sudah membeli masker maka pakailah. Masker akan berfungsi untuk menghambat debu vulkanik yang masuk ke hidung kita.

4. Percikan dengan air sebelum membersihkan benda

Jika sekiranya debu vulkanik terlalu banyak atau bisa saja debu vulkanik telah habis. Kamu pastinya barang barang di rumahmu pastinya diselimuti oleh banyak debu vulkanik. Jika kamu ingin membersihkan benda bendamu yang diselimuti abu vulkanik pertama tama kamu harus memerciki benda tersebut dengan air. Agar supaya jika sudah memerciki air nanti debunya gampang untuk dibersihkan.

5. Jauhi mengemudi

Untuk buat kamu yang akan berpergian ke luar maka jauhilah untuk mengemudi dengan speda motor atau mobil anda. Bila tempat itu dekat untuk dituju ada baiknya berjalan kaki saja. Jika anda menggunakan sepeda motor nantinya debu vulkanik bisa masuk mata anda dan akan menyebabkan mata kamu perih lalu sulit untuk mengendalikan sepeda motormu. Jika menaiki mobil itu biasanya debu akan menempel ke kaca kaca mobil termasuk kaca depan mobil. Mungkin mobil bisa mengantisipasi debu yang ada karena beberapa mobil bisa menyemburkan air dari kap depan lalu membersihkan debu vulkanik yang menempel di kaca mobil bagian depan.

6. Pakailah kacamata di luar ruangan

Jika kamu sedang berada diluar ruangan maka kamu harus memakai kacamatan. Kacamata apa saja yang penting bisa menghindari dari abu vulkanik. Pakailah kacamata berwarna terang saja agar bisa melihat sekitar, jika memakai kacamata berwarna gelap takutnya nanti malah tambah tidak kelihatan. Pakailah kacamata yang biasa bagi yang tidak memiliki mata minus atau plus. Wajib memakai pada saat berkendara motor, meskipun sudah memakai helm tetapi kaca helm tidak bisa mengatasi abu vulkanik yang banyak.

7. Siapkan penanganan medis

Siapkan P3K jika terjadi apa apa dan terutama pada bagian mata. Selalu bawa obat mata agar berjaga jaga ketika saat berpergian atau keluar rumah pada saat ada abu vulkanik. jangan lupa alat alat medis lainnya bila sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tipsnya jika ada abu vulkanik tidak disarankan untuk keluar rumah. Juga jangan lupa jaga kesehatan dan banyak banyak minum air agar tidak terjadi dehidrasi. Mungkin itu saja dulu artikel yang saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk kalian.

0 Response to "Cara Menghadapi Abu Vulkanik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel