Cara Mengatasi ATM yang Hilang - Selalu Santai

Cara Mengatasi ATM yang Hilang

Cara Mengatasi ATM yang Hilang

ATM atau kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri yang sudah banyak dipakai di kalangan masyarakat luas dan tersebar di Indonesia sendiri khususnya. Warga selalu mengandalkan atm bagi transaksi belanja, menabung, dan masih banyak lagi keunggulan ATM. Nah bagaimana bila atmmu hilang ? jika kamu tidak mengetahui bagaimana caranya maka kamu harus menyimak uraian berikut sampai selesai ya.



1. Gunakan fitur disable ATM

Untuk mencegah ATM yang hilang dan disalah gunakan bagi orang yang menemukannya maka kamu harus siap siaga. Pada saat membuat rekening baru kamu mintalah di CS atau carilah yang memiliki fitur disable ATM. Kenapa memakai fitur ini kok kita tidak memblok rekening ATM kita yang hilang. Karena cara ini cukup simple bila mana kartumu tidak hilang atau hanya kesingsal ( Lupa Meletakkan ) nanti rekeningmu bakalan bisa digunakan lagi.
Tidak seperti fitur blok rekening ATM yang bila mana kamu harus menggantinya dengan rekening yang baru dan pastinya kena biaya tambahan atau bisa dinamakan denda. Tetapi disini kita para nasabah bisa menggunakan fitur ini dimana nanti bila tidak sengaja kartu kita hilang kita bisa mendisable ATM kita kapanpun dan dimanapun.

2. Lapor ke polsek atau polres setempat

Untuk menindak lanjuti perkara yang ada kamu harus melapor ke polsek atau polres terdekat kenapa kartumu ATM mu bisa sampai hilang. Seperti hilang karena jatuh atau ketinggalan ataupun juga bisa karena dicuri. Jika kartu ATM mu dicuri nanti akan banyak memakan proses yang lama. Dan bila mana kartu ATM mu hilang maka nanti kamu harus mengurus surat kehilangan yang ada di polsek dimana kira kira kamu kehilangan kartu ATM mu. urat keterangan ini bisa digunakan untuk memblokir kartu ATM mu bila kamu tidak mengaktifkan fitur pada poin satu.
3. Hubungi pihak Bank
Bila mana kamu serasa panik saat ATM mu hilang saat dicuri atau lupa menaruhnya dimana maka kamu juga bisa mentelfon nomer CS setiap ATM bank yang kamu miliki.
Bank Rakyat Indonesia (BRI) : 14017 atau (021)1500 017
Bank Negara Indonesia (BNI) : 1500046
Bank Mandiri : 14000 atau (021)5299-7777
Bank Tabungan Negara (BTN) : 1500286
Bank Central Asia (BCA) : 1500888

4. Transfer Semua Uang ke Rekening Lain

Jika kamu tidak memiliki fitur untuk disable ATM maka kamu wajib memindahkan uang yang ada di rekeningmu. Kalau didalam rekening tersebut uangnya sedikit ya biarkan saja tidak apa apa. Jika uangnya banyak ? maka kita harus memindahkannya.
Bagaimana caranya ? Pinjem rekening saudara atau keluargamu yang memiliki rekening atau juga bisa jika kamu memiliki lebih dari satu rekening. Caranya hanyalah memindahkan uang lewat dari teller dengan membawa buku tabungan atau bisa dipindahkan langsung dengan menggunakan sms atau m banking. Ada baiknya jika kamu transfer ke saudara atau keluargamu maka ada baiknya pakai ke sesama bank saja biar lebih murah.

5. Urus surat yasng dibutuhkan

Seperti yang dijelaskan diatas pengurusan kehilangan atm itu harus memakai surat kehilangan dari polsek atau polres terdekat. Setelah mendapat surat kehilangan maka kamu harus membawa buku tabungan dan ktp yang sesuai dengan data yang ada di rekeningmu. Dan jangan lupa membawa uang untuk pembayaran denda karena telah menghilangkan kartu atm.

6 . Datang ke Bank

Setelah memenuhi berkas berkas seperti yang ada diatas yaitu buku tabungan, ktp, dan surat kehilangan dari polisi maka kamu sudah siap mengganti atmmu dengan yang baru. Jangan lupa membawa uangnya. Kamu jika ingin mengganti atmmu yang hilang maka mengantrilah di customer service (CS) yang ada di bank. Nanti kamu akan dipandu untuk membuat atm yang baru.

Trima kasih mungkin itu dulu informasi yang saya bagikan buat anda. Jangan lupa share dan komentar artikel ini biar terus berkembang.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi ATM yang Hilang"

Post a Comment

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel